Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) dibentuk pada tanggal 25 Oktober 2001 di Istana Bogor yang diprakarsai oleh Perpustakaan Nasional, Depdiknas, Menkokesra, IKAPI, GATBI dan Masyarakat Perbukuan.

GPMB sebagai organisasi sosial dibentuk sebagai tindak lanjut dari pencanangan bulan Gemar Membaca dan Hari Kunjung Perpustakaan pada tanggal 14 September 1995 oleh Presiden RI.

Pembudayaan Kegemaran Membaca menjadi tujuan utama sesuai amanah UU No. 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan. Gerakan Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca perlu dilaksanakan oleh berbagai komponen, termasuk pemerintah, pemerintah daerah dan lembaga swasta dengan melibatkan seluruh masyarakat.

Momentum hari jadi Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca Nasional tersebut sangat penting dan strategis olehnya itu diingatkan dan digelorakan kembali oleh Dinas Perpustakaan Makassar dengan menggelar Talkshow Perpustakaan dengan tema sentral “Perpustakaan dan buku adalah rumahku dan Sahabatku” pada hari Rabu, 25 Oktober 2017 di Perpustakaan Umum Kota Makassar. Harapannya agar semuanya menyadari akan pentingnya kemampuan membaca terkhusus para pelajar sebagai penerus dan harapan bangsa.

| Dinas Perpustakaan Kota Makassar selalu ingin lebih dekat dan bersahabat…

Leave a Reply

%d bloggers like this: