Menyusuri jalan – jalan dalam kota hingga ke pelosok kota Makassar, mengunjungi sekolah – sekolah itulah tugas pokok dari perpustakaan keliling (Mobile Library) Dinas Perpustakaan Kota Makassar. Menyambangi TK/PAUD, SD dan SMP yang ada dalam wilayah Kota Makassar, guna memberikan bahan bacaan berkualitas bagi siswa – siswi yang ada di sekolah tersebut demi pengembangan minat baca di kalangan pelajar.

Banyak kisah suka dan duka dialami petugas mobile library kala melakoni tugasnya melayani pembaca. Ditolak di beberapa sekolah karena waktu kunjung yang tidak tepat, berserakannya buku –buku bacaan di rak buku hingga lantai mobil perpustakaan keliling, bahan bacaan yang rusak dan robek karena seringnya buku berpindah tangan. Diterpa hujan deras juga teriknya panas matahari. Semua itu adalah sekelumit duka yang tak menyurutkan langkah kami mengemban amanah membudayakan kegemaran membaca di masyarakat. Pun bahagia yang terasa saat diterima dengan tangan terbuka di sekolah yang dikunjungi dan melihat anak-anak berebut mengambil buku bacaan, keseriusan mereka tatkala membaca buku hingga pengharapan agar sekolahnya dikunjungi kembali keesokan harinya.

Itulah sekelumit suka duka petugas mobile library. Satu yang diharapkan, semoga jerih payah ini dapat berbuah manis kelak yakni tumbuhnya minat baca di masyarakat yang pada akhirnya menghantarkan Makassar menjadi dua kali tambah baik. rs

“Salam Literasi”

www.pustakamakassar.id

Leave a Reply

%d bloggers like this: