Kantor Arsip, Perpustakaan dan Pengolahan Data di bentuk berdasarkan Perda Nomor 11 Tahun 2005 yang merupakan penggabungan antara Kantor Arsip, Kantor Pengolahan Data Elektronik dan sebagian Perpustakaan pada Bagian Organisasi dan Tata Laksana Sekretariat Daerah Kota Makassar.

Saat PP No.41 tahun 2007 berlaku, bentuk dan susunan organisasi Kantor Arsip Makassar dibuatkan Perda lagi dengan Perda No. 3 Tahun 2009.

Berdasarkan PP No. 41 tahun 2007 tentang perangkat daerah pasal 17 ayat (3) mempunyai kedudukan, tugas dan fungsi sebagai Lembaga Teknis Daerah sebagai unsur pendukung tugas kepala daerah untuk melakukan pembinaan dan pelaksanaan tugas dalam hal ini di bidang arsip dan perpustakaan.

Kantor Arsip, Perpustakaan dan Pengolahan Data kemudian berubah menjadi Badan Arsip, Perpustakaan dan Pengolahan Data berdasarkan Perda No. 7 Tahun 2013 Tentang Pembentukan dan Susunan Organisasi Perangkat Daerah Kota Makassar serta Peraturan Walikota Makassar No. 98 Tahun 2014 Tentang Uraian Tupoksi Jabatan Struktural Badan Arsip, Perpustakaan dan Pengolahan Data (BAPPD) Kota Makassar.

 


http://badanarsipmakassarkota.com/hal-sejarah-badan-arsip-perpustakaan-dan-pengolahan-kota-makassar.html#ixzz4Yg95KW8s