Program Inovasi Dongkel with Mobile Library atau Dongeng Keliling bersama Perpustakaan Keliling Dinas Perpustakaan Makassar yang telah berjalan setahun terakhir untuk memperkenalkan Perpustakaan melalui pendekatan akses bacaan dan menanamkan kegemaran membaca sejak dini mulai diminati masyarakat bukan hanya di daerah Kota Makassar tetapi juga di daerah tetangga seperti Kabupaten Gowa.

Setiap hari tim perpusling menerima permintaan berbagai sekolah/ komunitas yang ingin dikunjungi Dongkel with Mobile Library melalui media sosial dan media internal Dinas Perpustakaan Kota Makassar tak terkecuali sekolah sekolah diluar wilayah Makassar. Sehingga penyusunan jadwal layanan setiap Minggu didasari dari permintaan. Respon atau apresiasi ini merupakan salah satu pertanda bahwa peran perpustakaan mulai dibutuhkan kehadirannya di masyarakat. Fungsi perpustakaan berdasarkan UU No.43 tahun 2007 bukan hanya sebagai sarana pendidikan, penelitian, pelestarian dan Informasi tetapi juga sarana rekreasi yang menyenangkan.

Program Dongkel with Mobile Library adalah program kemitraan antara Komunitas Dongeng/ Pendongeng dan Perpustakaan Keliling (Perpusling) yang bersama sama memberikan pelayanan membaca ditempat khususnya kepada anak anak. Berbeda dengan Perpusling pada umumnya, mereka ini sebelum membaca akan diberikan dongeng yang menggugah semangat membaca, kepedulian, kepekaan sosial dan resensi cerita cerita menarik dari buku buku perpustakaan keliling.

Tim Dongkel with Mobile Library Dinas Perpustakaan Kota Makassar diperkuat dengan 3 armada keliling yang semuanya diperoleh dari bantuan Perpustakaan Nasional RI. Masing masing armada didukung 2 petugas layanan dan 1 driver. Sedangkan pendongeng lokal berprestasi yang telah tergabung dalam program ini sebanyak 23 orang terdiri dari 20 pendongeng inti dan 3 pendongeng cadangan

Permintaan layanan Dongkel with Mobile Library diluar Kota Makassar tidak dapat kami layani hal ini dikarenakan ada batasan wilayah kewewenangan. Untuk memperluas jangkauan layanan ini maka program Dongkel with Mobile Library dapat direplikasi oleh Perpustakaan Provinsi atau Perpustakaan di daerah setempat agar semangat membumikan kegemaran membaca dapat dilakukan serentak demi mewujudkan Indonesia Gemar Membaca.(twj)

Leave a Reply

%d bloggers like this: