Pasca Bimtek Assesor yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional RI dan Dinas Perpustakaan Provinsi Sulawesi Selatan beberapa waktu yang lalu maka sebagai tindak lanjut kegiatan tersebut Dinas Perpustakaan Kota Makassar menggelar rapat untuk persiapan Akreditasi Perpustakaan Umum Kota Makassar dan 20 Perpustakaan Sekolah (SD dan SMP) di Kota Makassar, Selasa (25/06) di ruang Rapat Dinas Perpustakaan Kota Makassar.

Rapat persiapan Akreditasi Perpustakaan Umum Kota Makassar dipimpin oleh Kabid Pengembangan Koleksi, Aswis Baderi dan Kabid Layanan, Hikmah Manganni dan diikuti seluruh Kepala Seksi, Pustakawan dan staf Dinas Perpustakaan Kota Makassar. Rapat membahas seluruh instrumen yang harus dipenuhi dan dipersiapkan sebelum tim Akreditasi dari Perpustakaan Nasional RI datang ke Kota Makassar.

Akreditasi Perpustakaan adalah penilaian yang dilakukan oleh Lembaga Akreditasi Perpustakaan Nasional atas kesesuaian penyelenggaraan perpustakaan di Indonesia berdasarkan Standar Nasional Perpustakaan yang nantinya dibuktikan dengan sertifikat akreditasi (A, B atau C) . Standar Perpustakaan ditetapkan oleh Perpustakaan Nasional RI berdasarkan amanah UU Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan dan pelaksanaannya diatur melalui PP Nomor 24 Tahun 2014.

Setelah rapat persiapan akreditasi untuk Perpustakaan Umum Kota Makassar dalam waktu dekat juga akan dilakukan rapat dengan 20 Kepala Sekolah beserta Kepala Perpustakaan yang sekolahnya dipilih tahun ini untuk dipersiapkan mengikuti Akreditasi Perpustakaan Sekolah. Sebelum akreditasi, Perpustakaan mereka akan mengikuti program Sentuh Pustaka salah satu inovasi pengembangan perpustakaan yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan Kota Makassar.

| Dinas Perpustakaan Makassar selalu ingin lebih dekat dan bersahabat…

Leave a Reply

%d bloggers like this: