Dinas Perpustakaan Kota Makassar salah satu Organisasi Perangkat Daerah baru terbentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kota Makassar Nomor 8 Tahun 2016. Untuk mewujudkan Makassar Kota Dunia nyaman untuk semua, Makassar Sombere dan Smart City tentu peran perpustakaan sangat penting, sehingga untuk mewujudkan pengembangan perpustakaan di Kota Makassar Dinas Perpustakaan akan melakukan 4 (empat) Inovasi dengan melibatkan semua pihak dengan membangun konsep pedekatan "Perpustakaan Untuk Semua" :
1. INOVASI LAYANAN : Dinas Perpustakaan Kota Makassar akan berkomitmen dengan pendekatan "Constumer Care = Constumer Statisfation = Service Exellen" dengan membuat perpustakaan umum Kota Makassar lebih baik, memuaskan dan berkelanjutan dengan Motto "Perpustakaan Lebih Dekat dan Bersahabat" sesuai tegline layanan Pemerintah Kota Makassar saat ini yang "Sombere".
2. INOVASI KEGIATAN : Dinas Perpustakaan Kota Makassar melaksanakan kegiatan partisipatif bersama pengguna dan inline antara kegiatan satu dengan lainnya, berkesinambungan, terus dikembangkan dan bermuara pada pencerdasan masyarakat yang berbasis kepentingan masyarakat.
3. INOVASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT : Dinas Perpustakaan Kota Makassar akan melibatkan masyarakat dalam layanan, dalam kegiatan dan dalam setiap aktivitas yang dilakukan. Dengan melibatkan masyarakat disetiap titik layanan tentu berarti sudah menyertakan masyarakat dalam layanan.
4. INOVASI KEMITRAAN : Dinas Perpustakaan Kota Makassar melakukan pola kemitraan berbagai stake holder baik kemitraan pihak swasta sebagai sponsor. Faktor kepercayaan pihak swasta kepada pihak pemerintah perlu dibangun kembali dengan transparansi, profesional kerja. Kerja sama tidak bisa dilakukan kalau setiap apa yang dilakukan akan merugikan sebelah pihak, tetapi bagaimana bersama-sama membangun kepercayaan dari masyarakat maupun mitra. Pola Kemitraan ini Dinas Perpustakaan Kota Makassar melakukan :
a. Fasilitas Diskon bagi pemegang kartu "Smart Library Card" akan diperluas mitra perpustakaan seperti Penerbit, Toko Buku serta yang alinnya.
b. One Get One artinya pada saat layanan perpustakaan keliling, mitra terkait dapat ikut dalam kegiatan layanan sehingga masyarakat tidak saja memperoleh manfaat membaca diperpustakaan keliling akan tetatpi memperoleh tambahan lain dari kehadiran mitra/sponsor.
c. Bedah perpustakaan, menggandeng berbagai mitra melalui dukungan dana Comporate Social Responsibility (CSR) untuk membantu perpustakaan memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana.
Dinas Perpustakaan Kota Makassar melaksanakan 3 (tiga) program utama yaitu :
1. Program pengembangan koleksi perpustakaan termasuk koleksi daerah Kota Makassar dengan indikator jumlah dan jenis koleksi perpustakaan yang memadai dengan merujuk kepada Standar Nasional Perpustakaan (SNP).
2. Program Layanan Perpustakaan dengan indikator cakupan dari berbagai jenis layanan perpustakaan sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan (SNP).
3. Program pengembangan perpustakaan dan budaya baca dengan indikator peningkatan pengelolaan perpustakaan dan prosentase budaya baca melalui survei.
Untuk menjadikan Perpustakaan lebih dekat dan bersahabat Pemerintah Kota Makassar melonching Inovasi "SMART LIBRARY", dan untuk mewujudkan Smart Library Dinas Perpustakaan Kota Makassar melakukan berbagai Inovasi unggulan yaitu :

1. Smart Library Card (sudah terlaksana)
2. Dongkel With Mobile Library (Sudah terlaksana)
3. Cafe Library (sementara membangun pola kemitraan)
4. Digital Library (sementara proses pengolahan data)
5. Waiting Room Library (sementara membangun pola kemitraan)
6. Pustaka Mart (sementara membangun pola kemitraan)
Semua itu dilakukan semata-mata untuk mendekatkan perpustakaan dengan masyarakat. 

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: