Sebagai upaya meningkatkan dan mendukung budaya baca dan budaya tulis di kalangan masyarakat, Dinas Perpustakaan Kota Makassar telah menyiapkan berbagai program dan kegiatan. Salah satu program yang banyak menarik animo masyarakat khususnya siswa dan guru Sekolah Dasar adalah Lomba Bercerita (Storry Telling) bagi siswa –siswi kelas 4 (empat) dan 5 (lima) SD/MI yang berada dalam wilayah Kota Makassar.

Ini adalah tahun kedelapan terselenggaranya lomba bercerita. Selama delapan tahun tersebut utusan Makassar telah 4 (empat) kali mewakili Sulawesi Selatan bertanding di Tingkat Nasional dan meraih juara. Salah satunya juara kedua di tahun 2012 yang diraih oleh Rahardi.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, ketentuan yang dipersayaratkan di tahun inipun masih sama. Diantaranya :

  1. Peserta adalah siswa-siswi kelas 4 (empat) dan 5 (lima) SD/MI yang berada dalam wilayah Kota Makassar.
  2. Mengisi formulir pendaftaran yang dapat diambil di Kantor Dinas Perpustakaan jalan Balaikota Nomor 11 Belakang Museum Kota mulai tanggal 20 Februari hingga 13 Maret 2017.
  3. Materi lomba bersumber dari buku cerita rakyat yang berasal dari daerah Makassar atau daerah lain yang ada di Sulawesi Selatan dengan tema “Kepahlawanan”.
  4. Cerita telah diedit dan diminimalisir dari unsur kekerasan, pembunuhan, perebutan kekuasaan, percintaan, romantisme dan perselingkuhan.
  5. Komponen penilaian meliputi Penampilan, cara bercerita, penguasaan panggung, penguasaan materi, serta durasi waktu bercerita. Lama bercerita saat audisi maksimal 5 (lima) menit dan saat Grand Final minimal 15 menit serta maksimal 20 menit.
  1. Technical Meeting akan diadakan pada Hari Selasa tanggal 14 Maret 2017 pukul 09.00 wita sampai selesai bertempat di Gedung Perpustakaan Kota Makassar Jalan Lamadukelleng nomor 3 Makassar.
  2. Audisi Lomba dilaksanakan pada hari Selasa Tanggal 21 Maret 2017 pukul 08.00 wita sampai selesai bertempat di Gedung Perpustakaan Kota Makassar Jalan Lamadukelleng nomor 3 Makassar.
  3. Babak Grand Final akan diadakan pada hari Kamis, 23 Maret 2017 pukul 08.00 wita. Tempatnya akan ditentukan kemudian.
  4. Untuk keterangan dan informasi lebih lanjut calon peserta dapat menghubungi Ibu Sumarni di nomor 082344045488 atau ibu Rahmatiah di nomor 082187088496.

Hadiah yang diberikan adalah uang tunai, tropy dan sertifikat bagi juara I, II dan III. Untuk Juara Harapan I, Harapan II dan Harapan III akan memperoleh Sertifikat dan tropy. Selain itu, khusus juara I (Satu) akan mewakili Kota Makassar bertanding di Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan pada bulan Mei 2017. Apabila terpilih kembali sebagai juara I maka peserta berhak mewakili Provinsi Sulawesi Selatan bertanding di Tingkat Nasional  dan mengikuti Upacara Kenegaraan 17 Agustus di Istana Negara. Tersedia pula sertifikat bagi seluruh peserta dan juga guru pendamping.  Membanggakan bukan? Tunggu apalagi,. Ayo ikut lombanya dan raih hadiahnya.rs

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: